Friday 5 March 2010

Planet Terror = hotties with CARBINE leg + balls collector + surprisingly realistic zombies + blood, blood, blood


Dulu jaman SMA gara2 pengen banget nonton film ini, saya sampe bela2in minjem VCD bajakannya di penyewaan komik "surya" deket rumah. Kualitas gambarnya masih CAM nyuting diem2 di bioskop jadi keliatan ada kepala2 yg nonton sama berisik gara2 yg nonton pada ribut. Padahal film ini menganut konsep tribute to 80's yg jaman dulu kalo nonton film di bioskop sering ada missing apa burning reel dengan noise dimana2. Nah bayangin aja, kualitas CAM terus yg direkam filmnya model ginian, ya udah jelas acakadut.

Nah karena kali ini donlotnya yg BR-rip, jadinya kualitas gambar udah mantep deh, muahahahahaha!
Film ini bagian dari double-featurenya Grindhouse, Quentin Tarantino bikin Deathproof dan Robert Rodriguez bikin Planet Terror. Mereka berdua film director yang buat saya pribadi keren banget deh! Kalau si Quentin suka bikin percakapan panjang yang jenius (percakapan like a virgin di Reservoir Dog, mengutip kalimat Bible di Pulp Fiction, analogi kucing dan tikus Hans Landa di Inglorious Basterd), si Rodriguez suka bikin percakapan pendek yg tajam, repetitif, dan meski awalnya agak bikin bingung tapi ntar akhirnya baru ketauan maksudnya apa, cerdas deh! (cermati aja percakapan tentang jaket, kalimat "I never miss", useless talent number 66, sama kalimat "best in Texas!")

Film ini bercerita tentang cewek go-go dancer (bukan stripper) bernama Cherry Darling yang berencana buat berhenti kerja jadi penari gituan terus memikirkan bagaimana cara dia bisa menggunakan "useless talent"nya untuk pekerjaan lain. Nah seentara itu, di sebuah pangkalan militer lama di daerah deket situ, lagi ada transaksi proyek rahasia militer tentang sebuah gas, maksudnya apa diawal film belum jelas, pokoknya disitu ada scientist yg modelnya kayak renny djayusman mix sama mukanya deuce bigalow : american gigolo. Si scientist in sick juga, fetish sama "balls", jadi dia hobi koleksi "balls" punya orang2 yg mengecewakannya. Terus juga ada...err.. Bruce Willis! (dia jadi kapten militer geto)
Nah singkat cerita transaksi bubrah jadi pada tembak2an sendiri dan si scientist nembak tabung yg berisi gas terlarang itu. Gas ini nih yg nanti bertanggung jawab bikin penduduk sekitar jadi zombie gangrene yang punya kekuatan super cuman gampang banget ancur kalo ditembak.

Di Planet Terror ini cerita utama dibagi 2, satu nyeritain si Cherry Darling, satu lagi nyeritain keluarga Block, dokter yg kerja di rumah sakit lokal. Dakota, sang istri ini bisex, ceritanya dia punya affair geto sama cewek lain. Dan suaminya, William, si dokter kalem, keren, tapi ternyata agak insane. 2 cerita itu ntar bakal crossover kok ditengah, habis itu ceritanya bakal linear sampe akhir.

Balik ke Cherry Darling, dia habis keluar dari kerjaannya terus akhirnya nonkrong di warung steak lokal punyanya J.T. Nah datanglah sang hero di film ini, El Wray, yang juga dateng nongkrong disitu. Ternyata dia adalah ex nya si Cherry, disini bakal mulai percakapan keren tentang jaket. Nah pulangnya, si cherry minta dianterin, yaudah deh berdua naik truknya si El. Cuman sayangnya di tengah jalan gara2 ngebut terus ada sesuatu yg lewat ngguling deh truknya. Disaat truk ngguling tau2 si cherry ditarik keluar sama makhluk misterius! Nah si El Wray jelas ga tinggal diam dong, dia ambil pestolnya terus mulai menyelamatkan si Cherry. Nah barulah ketauan kalo ternyata si narik si Cherry ini adalah 2 ekor zombie! Meskipun zombie2 itu berhasil kabur, namun satu kakinya si cherry udah dibawa pergi deh sama mereka.

Sementara itu, di rumah sakit setempat lagi rame soalnya banyak mayat2 dateng dan pasien penyakit kulit yg tau2 aja buanyak. Ntar ada adegan yg disgusting bgt, si dokter William lagi lihat2 foto2 penyakit kulit, dan penyakit2nya ini lebih serem dari foto yg ada di bungkus Marlboro keluaran Thailand (cek gugel deh). Pas RS lagi rame itu, si cherry yg kehilangan satu kaki dateng, dan terpaksa kakinya mesti diamputasi. Si El Wray yg nyelametin dia malah dibawa ke kantor polisi gara2 dia punya pestol.
Btw, di kantor polisi ini ada satu officer yg dodolnya kebangetan namanya Tolo, kalo diibaratin perannya udah mirip kayak Mpok Nori deh, nyahahahaha (udah gitu si Tolo ntar matinya juga epic!)
Nah mulai dari sini ntar zombie outbreak baru terjadi. Habis pertempuran di kantor polisi, mereka terus pergi ke rumah sakit buat nyelamatin survivor yg lain, especially si El Wray yg mau nyelamatin Cherry Darling. Nah anehnya si El Wray ini jago banget mainin senjata! Siapakah dia sebenarnya? Apakah para survivor bisa selamat dari serangan para zombie? Lalu ngapain tadi Bruce Willis nongol diawal film tapi ga nongol2 lagi sampe tengah2 film? Nonton aja ya :)

Ada beberapa faktor yg bikin film ini keren:
zombie di film lain biasanya diliatin mukanya udah idiot busuk gitu, tapi di film ini adegan pembusukan manusia normal sampai jadi zombie dilihatin secara realistis! Mantep deh, sampe jijik juga, hahahaha.
Terus faktor satunya, tentu saja berkaitan dengan ikon film ini dong. Kan si Cherry Darling kakinya ilang sebelah, ntar sama si El Wray dia dikasih kaki palsu pake kaki meja. Belakangan ntar, kaki meja itu direplace sama modified M4 CARBINE! Cuman anehnya, kok pelurunya gak abis2 ya? Lagian gimana cara dia nembakin peluru dari carbine nya itu? Ini keajaiban alam...

Di film ini juga nongolin beberapa cameo, kapan lagi coba bisa liat Fergie BEP nongol dengan kepala tanpa otak, hahaha. Oia, Quentin Tarantino juga ikutan nongol! Jadi apakah dia? Di ending akhir dia ditulis jadi... rapist #1!
oh jangan harap juga bakal lihat adegan seks vulgar kayak di film2 lain, Quentin dan Rodriguez bukan tipe director yg doyan ngeksploitasi hal kayak gitu, apalagi disini, waktu mau adegan gituan tau2 filmnya kebakar coba! (iya langsung missing reel gitu, hahahaha)

Best Quotes: "I'm going to eat your brains and gain your knowledge"

Notes: Di awal sebelum film ini mulai, ada trailer boong2an dengan judul "MACHETE" yg main si Danny Trejo. Ini cuma trailer boong2an lho, rencananya ga bakal ada film ginian ntar. Cuman, yg bikin trailer ini keren, MACHETE bakal main di bioskop tahun 2010 ini sodara-sodara, muahahahaha "If you're gonna hire Machete to kill the bad guy, you better make damn sure the bad guy isn't you"

No comments:

Post a Comment