Tuesday 19 April 2011

Treasures are Found Just Around The Corner

Another Tuesday, another free day! kenapa bisa begitu? karena semester pendek ini saya masuk kelas cuma 3 hari, maka setiap hari selasa dan kamis saya libur deh, mehehehe.
Hari ini seharian saya dedikasikan buat beres2 kamar, sungguh niat yang mulia, niat yang ga akan jalan kalau misal kamar gue ga diserang semut2 laknat dari neraka! Jadi ceritanya tadi malem gue kelaperan, terus bikin indomi deh. Nah waktu bikin indomie ada yg nyecer beberapa, eeeeh paginya tuh ceceran udah diperkosa aja sama segerombolan semut.

singkat cerita, akhirnya kamar saya sekarang udah layak huni lagi. Selain melakukan genosida terhadap semut, tadi gue juga bersihin rak buku. Handout2 semester kemaren yg udah ga kepake dibuangin, kertas2 ga penting juga dibuangin, dan sembari saya membersihkan rak buku, saya juga menemukan harta karun!
ini dia harta karunnya:

kumpulan buku-buku lama yg gue punya!

ini nostalgik banget! buku-buku ini adalah saksi bisu sejarah yg gue kumpulin semenjak dateng ke Thailand sampe sekarang, ga gitu banyak sih, beberapa ada yg bawa dari indo, beberapa ada yg beli disini, mari kita lihat apa aja bukunya.


Nah ini kumpulan majalah tentang film dan juga musik. Dulu semasa masih kerja jadi penyiar tiap bulan baca Rolling Stone gratis di radio, ditumpukan itu juga ada Trax magazine, tapi kalo soal muatan isi sih jelas lebih menang Rolling Stone. Itu ada juga Ripple sama Across magazine, majalah tentang subculture lupa belinya di mana. Dan beberapa majalah sisanya adalah majalah tentang film. Buat Cinemags gue udah ngikutin majalah ini dari dulu, di jaman internet belom masuk desa majalah ini adalah pemuas dahaga tentang info-info film baru yang bakal nongol. Dibanding dengan majalah2 film selevelnya, majalah ini cukup oke kok.


nah kalo ini adalah kumpulan majalah tentang sneakers. Sebenernya lebih banyak lagi tapi beberapa kemaren gue bawa pulang ke indo. Soal konten sih masih lebih bagus Sneakerfreaker Magazine, tapi kenapa saya doyan koleksi ini? soalnya majalah ini gratis! bisa didapatkan secara cuma-cuma di tempat2 nongkrong semacem True Coffee dan warung2 yang jualan sneakers. Kekurangan dari majalah ini adalah, mereka nulis pake bahasa Thai, ya mana gue mudeng mereka ngomongin apa. Tapi majalah ini lumayan berguna karena mereka ngasih lihat model2 sneaker baru, harganya berapa, dan dimana kamu bisa dapetin sneaker itu di Thailand. If you see this kind of magazine in Thailand, don't hesitate to grab one.


nah kalo yg ini sih kumpulan majalah dan buku random yg gue punya. Itu yg judulnya Snuff belakangan lagi gue baca, salah satu novel bikinannya Chuck Palahniuk, author favorit gue. Ceritanya ada 1 bintang bokep yg mau mecahin rekor dunia dengan ML sama 600 orang, diantara 600 orang itu ada yg mau bunuh doi. Diceritain dari sudut pandang 4 karakter, satir, gelap, dan nggapleki khas Chuck Palahniuk, hahahaha. Itu ada juga majalah National Geographic versi Thailand, dapet gratisan sih. Freakonomics ini juga keren lho, ngomongin tentang perekonomian dari sudut pandang yg ga biasa, contohnya nih: apa yg menyebabkan bertambahnya kriminalitas? jawaban yg cukup nyeleneh dari buku ini adalah, karena banyak bayi lahir di lingkungan yang penuh dengan kemiskinan dan kekerasan. Jadi kesimpulannya: aborsi itu membantu menekan jumlah kriminalitas dan kemiskinan. Cara yg cukup cutting-edge, daripada ntar bayi itu tumbuh gede jadi kriminal, mending ga usah dilahirin sekalian di lingkungan yang salah. Btw, denger2 Freakonomics ini nanti mau dibikin versi filmnya lho, jadi penasaran kayak gimana filmnya.
Ada juga Benny and Mice beli jaman dulu waktu pulang indo. Dan ternyata.... gue punya juga lho majalah FRONT! Front magazine ini keluaran UK, err...majalah stensilan sih, gatau juga kenapa dulu gue beli kayak ginian, penasaran doang kayaknya, tapi lumayan bagus kok, serius deh, hahahahaha :P

seiring dengan makin canggihnya teknologi dan juga cepetnya akses internet, maka saya mulai jarang beli buku lagi. Kebanyakan bisa baca online atau tinggal download versi e-book, atau pdf filenya sih. Semacem komik2 Marvel kayak Civil War, What-If, Runaways, gitu saya ada lho di laptop. Komik2 jepang gitu juga tinggal download gampang pake domdomsoft. Tapi tetep aja feeling baca buku dan aroma kertas itu ga tergantikan oleh versi digital yang ada. Jadi pesan saya: kalo ga tertarik2 banget tentang konten suatu buku, download aja sih gpp. Tapi buat buku yang kamu beneran pengen, buat koleksi, memiliki value lebih, ga ada salahnya kalo kamu beli versi originalnya, harga yang kamu keluarkan setara kok dengan kepuasan yang kamu dapet. After all, satisfaction is not measured by how much money you spent, it measured by how much happiness you get.

No comments:

Post a Comment